Senin, 27 April 2015

Inilah Fakta Mengenai Fenomena Tindihan ( Sleep Paralysis )



Di Indonesia, ketika seseorang tersadar dari tidur namun mengalami kelumpuhan dan tidak mampu menggerakan anggota tubuh untuk beberapa saat serasa ditindih sesuatu biasanya dikaitkan dengan cerita mistis bahwa orang tersebut mengalami "tindihan". Lalu adakah penjelasan logis mengenai fenomena Tindihan yang sering dialami oleh kita?


Secara ilmiah, fenomena ini dikenal dengan istilah “Isolated Sleep Paralysis” (ISP). Sleep paralysis (tindihan) bisa terjadi pada lelaki atau perempuan. Usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun.


Sleep paralysis paling sering terjadi pada orang yang kurang tidur, kelelahan, stres, dan cemas berlebihan. Saat tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. 

Dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM). Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi.

Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi burukinkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. 

Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).


5 Cara Mengatasi Tindihan


1. Hindari Stres

Stres diduga penyebab terbesar sleep paralysis. Mulailah hidup sehat secara fisik maupun psikis. Jangan merokok, minum alkohol/kafein, dan makan terlalu banyak. Cukupi kebutuhan tidur dan istirahat.

Tenangkan pikiran sebelum tidur. Kunci pintu, jendela, dan padamkan api sebelum tidur. Rasulullah saw bersabda: “Padamkan api sebelum tidur, tutup pintu, bejana, makanan dan minuman” (HR. Bukhari dan Muslim). Hindari tidur dengan atap terbuka. 

“Barangsiapa tidur malam pada rumah yang tak ada atap penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya” (HR. Bukhari dalam Adab Al Mufrad).

 2. Pola Tidur


Buat pola tidur menjadi lebih teratur. Usahakan tidur di waktu awal pada jam yang sama setiap malam, sekitar pukul 8 atau 9 sesudah isya. Aisyah ra: “Rasulullah tidur pada awal malam dan bangun di penghujung malam lalu sholat” (HR. Bukhari dan Muslim).

Posisi tidur terlentang menjadi salah satu penyebab sleep paralysis. Karena itu berbaring miring dapat mengurangi resiko tersebut. Bara’ bin ‘Azib meriwayatkan, Nabi saw bersabda: “Jika kamu akan tidur, berwudhulah seperti akan sholat, kemudian berbaringlah dengan miring sebelah kanan …”. Hindari pula tidur tengkurap (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani).

3. Membuat Gerakan Kecil
Jika mengalami sleep paralysis, beberapa orang menyarankan untuk membuat gerakan mata dengan cepat, agar dapat keluar dari situasi tersebut. Bisa juga mencoba dengan menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali. 

Cara di atas ditambah dengan bernafas sedalam mungkin, tarik napas sedalam mungkin dan keluarkan secara teratur. Begitu anggota tubuh mulai dapat bergerak maka segera bangun dan tenangkan diri.

4. Membuat Gerakan Mental
Kondisi sleep paralysis sering membuat panik dan ketakutan sehingga dapat memunculkan alam bawah sadar tentang ketakutan kita sendiri sehingga terkadang terbayang adanya makhluk halus.

Mulut kelu dan susah bergerak ketika sleep paralysis bukanlah pergerakan fisik yang sebenarnya, melainkan gerakan mental. Para ahli menganjurkan untuk terus berusaha “melawan” dan menggerakkan anggota tubuh melalui kekuatan pikiran wrm-indonesia.org, Mei 2005).

Karena itu tetaplah tenang dan berpikir positif. Sikap yang tenang akan meminimalkan munculnya ketakutan dan bayangan-bayangan yang buruk. Lakukan gerakan-gerakan kecil seperti yang disampaikan sebelumnya dengan ditopang pergerakan mental. Gerakan mental ini menjadi efektif dengan lantunan zikir yang teratur.

5. Pengobatan Medis
Jika terlalu sering mengalami sleep paralysis, maka selain cara-cara di atas, evaluasi diri pun harus dilakukan. Buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa pekan dan susun daftar masalah-masalah yang menyita pikiran. Ini membantu untuk mengetahui faktor pemicu sleep paralysis, sehingga gangguan tidur tersebut dapat diatasi dengan menghindari faktor pemicunya.

Jika sleep paralysis disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur. Catatan yang sudah dibuat akan membantu dokter mengetahui kapan sleep paralysis dimulai dan sudah berlangsung berapa lama, juga jenis obat yang pernah atau sedang digunakan. Hindari konsumsi obat penenang untuk tidur.

Sekiranya itu fakta tentang sleep paralysis atau yang biasa disebut dengan tindihan. Semoga Bermanfaat :)

4 komentar:

  1. mantap artikelnya gan...
    di tunggu kunbalnya di bonusna.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sering banget ane ketindihan gitu gan -_- , mungkin gara2 point 1 "Stress" kali yak

    o y mampir ke blog ane gan :D

    http://www.itoru.web.id/

    suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tunggu kunbalnya yach,,,
      http://dsopgratis.blospot.com

      Hapus
  3. YUK , DARI PADA YNG ANEH ANEH DI PIKIRIM MENDING MAIN DOMINO QQ AJA YUK DI UNTUK PENDAFTARAN KLIK LINK DI BAWAH INI TERIMA KASIH, BANYAK PROMO DAN KELEBIHAN LAINNYA LHO !!!
    BURUAN DI :
    http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=128717
    DOMINO ONLINE TERBAIK DI INDONESIA

    KELEBIHAN :
    PLAYER VS PLAYER 100 %
    MIN DEPOSIT DAN WITHDRAW : IDR 20.000
    SUPOERT BANK : BCA BNI BRI MANDIRI

    BONUS TURN OVER MINGGUAN 0.5% (TERBESAR)
    BONUS REFERRAL 20% (TERBESAR)
    JACKPOT TERBESAR

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI SANA DOMINO DI :

    * LIVE CHAT 24 JAM ONLINE -
    * BBM : D86E8C7A
    * LINE : +855968273897
    * WHATAPP : +855968273897
    * SKYPE : Sana Domino
    * YAHOO : Sana_Domino

    BalasHapus